pmi@iain-jember.ac.id 081336890790

MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM IKUTI LAUNCHING KAMPUNG ZAKAT TERPADU 2

Home >Berita >MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM IKUTI LAUNCHING KAMPUNG ZAKAT TERPADU 2
Diposting : Selasa, 17 Mar 2020, 12:07:44 | Dilihat : 424 kali
MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM IKUTI LAUNCHING KAMPUNG ZAKAT TERPADU 2


Rabu 11 Maret 2020 - Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) angkatan 2019, bersama bapak Nasobi Niki Suma, M.Sc. selaku dosen pembimbing, ikut berkontribusi dalam acara launching Kampung Zakat Terpadu 2 yang di laksanakan di Dusun Paluombo Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kemenag Jember, Muhammad S.Sos , Camat, Kapolsek dan babinsa serta semua Lembaga Amil Zakat se Kabupaten Jember seperti BAZNAS Kemenag Jember, LAZ RIZKI, LAZ AZKA, Yatim Mandiiri, YDSF, LAZISNU, LAZISMU, Nurul Hayat, BMH, Nurul Falah, UPZ IAIN Jember.


Kampung zakat ini berdiri pada tahun 2018, yang pertama di selenggarakan di Desa Sumberjambe, kemudian kantor Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar program yang serupa. Lokasinya berada di sebuah kampung yang cukup menjorok Di Dusun Paluombo Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo. Sejauh ini, kampung ini dikenal cukup miskin, sehingga tidak sedikit warga yang merantau ke luar negeri menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dan TKW (Tenaga Kerja Wanita). Sehingga membutuhkan sentuhan kita untuk membangun kampung ini secara komprehensif, ujar Penyelenggara Zakat Wakaf Kamenag Jember sekaligus direktur  kampung zakat Jember.


Muhammad S.Sos, kepala Kemenag Jember mengatakan bahwa program Kampung Zakat Terpadu yang didukung oleh semua Lembaga Amil Zakat di Kabupaten Jember ini akan melakukan pembangunan berkelanjutan di dusun Paluombo. "Kita akan berkerjasama membangun kampung ini dari segala segi yang dibutuhkan oleh masyarakat,”tandasnya. 

Lebih lanjut, Ia juga menegaskan, dalam program Kampung Zakat Terpadu, Kemenag bersama Baznas dan LAZ (lembaga amil, zakat) akan meluncurkan program satu rumah satu sarjana, beasiswa anak yatim sampai perguruan tinggi, santunan janda dhuafa dan pemberdayaan SDM. "Saya tegaskan program Kampung Zakat ini bisa meluncurkan program satu rumah satu sarjana, beasiswa anak yatim sampai perguruan tinggi, santunan janda dhuafa dan pemberdayaan SDM". Lanjutnya

Nila Rohmatul Ula, selaku koordinator kelas mengatakan bahwa saya sangat mengapresiasi kepada teman-teman, atas kekompakannya bisa berkontribusi dengan baik mensukseskan acara launching kampung zakat terpadu 2 ini, "kelas PMI angkatan 2019 memang bisa di andalkan, kami juga menampung open donasi untuk uang operasional Kampung Zakat 2 ini, Alhamdulillah selama sehari kami melakukan donasi dana yang terkumpul mencapai 1 juta lebih." Ujar Nila. Semoga Kampung Zakat 2 di Kabupaten Jember ini akan mampu memberdayakan masyarakat melalui pendekatan zakat (Mohammad Zainur Rozikin/PMI2019)

Berita Terbaru

MAHASISWA PMI IKUT AKSI PENANAMAN 1000 POHON DI DESA SUCI
30 Dec 2023By oprpmi
WEBINAR: MENYIAPKAN PENGGERAK PEMBANGUNAN PEDESAAN YANG PROFESIONAL
30 Dec 2023By oprpmi
KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL
30 Dec 2023By oprpmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;