pmi@iain-jember.ac.id 081336890790

LAKUKAN RISET DAN AKSI, MAHASISWA PMI MENYATU DENGAN MASYARAKAT DESA SUCI SELAMA 3 HARI

Home >Berita >LAKUKAN RISET DAN AKSI, MAHASISWA PMI MENYATU DENGAN MASYARAKAT DESA SUCI SELAMA 3 HARI
Diposting : Sabtu, 30 Dec 2023, 04:57:37 | Dilihat : 72 kali
LAKUKAN RISET DAN AKSI, MAHASISWA PMI MENYATU DENGAN MASYARAKAT DESA SUCI SELAMA 3 HARI


JEMBER-Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam yang tergabung dalam Komunitas Comdev Care menyatu dengan masyarakat Desa Suci selama tiga hari pada tanggal 10-12 November 2023 dengan tema kegiatan “Riset Berbasis Masyarakat Di Desa Suci”. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Suci, mulai dari hari Jum'at sore hingga selesai pada hari minggu sore. Adapun kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program kerja dari kepengurusan HMPS PMI serta bentuk kerjasama dengan Desa Suci yang bersifat berkelanjutan. Comdev Care ini merupakan kegiatan pertama yang tindak lanjutnya langsung turun ke lapangan melebur dengan masyarakat dalam beberapa hari. Sesuai dengan lingkup Prodi PMI yakni “Pemberdayaan Masyarakat” kegiatan Comdev Care ini sangat tepat dilaksanakan sebagai program yang sifatnya berkelanjutan bersama masyarakat Desa Suci.

Rangkaian kegiatan Comdev Care dimulai dengan pengadaan FGD (Focus Group Discussion) bersama dengan perangkat desa. FGD pertama dilaksanakan pada hari Jum'at 10 November 2023 di Balai Desa Suci, yang subtansinya membahas dan memperkenalkan para perangkat Desa Suci serta menjelaskan potensi dan permasalahan yang ada di Desa Suci. Pada hari Sabtu 11 November 2023 mahasiswa turun pada lingkungan masyarakat melakukan wawancara, berbaur dengan kehidupan masyarakat sekaligus menganalisis potensi dan permasalahan yang ada di Desa Suci. Pada malam harinya, dilaksanakan FGD kedua, sebagai bentuk lanjutan pembahasan dari FGD pertama dan juga penentuan kegiatan gerak masyarakat yang akan dilaksanakan di Desa Suci. Bermodal dari informasi yang diperoleh oleh para mahasiswa dan juga informasi langsung dari para perangkat Desa Suci, pemilihan kegiatan aksi masyarakat untuk Desa Suci dilaksanakan. Dilanjutkan pada keesokan harinya, Minggu 12 November 2023 para mahasiswa beserta perangkat Desa Suci juga bersama dengan masyarakat melaksanakan aksi bersih-bersih sungai di kawasan Gunung Pasang. Aksi bersih-bersih sungai ini dipilih sesuai dengan salah satu permasalahan di Desa Suci yakni tentang sampah. Tujuannya sebagai bentuk pengurangan terhadap sampah-sampah yang ada di sungai dan memberikan contoh untuk tidak lagi membuang sampah di sungai.

Comdev Care dengan Tema “Riset Berbasis Masyarakat Di Desa Suci” merupakan program kegiatan kepengurusan HMPS periode 2023-2024 dengan dibimbing oleh Dosen PMI disertai dengan harapan semoga dengan terlaksananya kegiatan Comdev Care ini bisa benar-benar memberikan dampak positif terhadap Desa tempat pelaksanaannya yakni Desa Suci. Selain itu, harapan juga semoga memberikan dampak dan energi positif terus mengalir di seluruh mahasiswa PMI agar terus peduli dengan lingkungan masyarakat sekitar. Harapan lainnya juga semoga dari kegiatan Comdev Care ini akan menjalin kerjasama yang bersifat berkelanjutan dengan masyarakat Desa Suci. Maka dari itu, dilaksanakannya kegiatan Comdev Care sebagai bentuk tindak lanjut dan bentuk usaha implementasi dari harapan yang diharapkan.  (HMPS Networking)

Berita Terbaru

MAHASISWA PMI IKUT AKSI PENANAMAN 1000 POHON DI DESA SUCI
30 Dec 2023By oprpmi
WEBINAR: MENYIAPKAN PENGGERAK PEMBANGUNAN PEDESAAN YANG PROFESIONAL
30 Dec 2023By oprpmi
KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL
30 Dec 2023By oprpmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;