pmi@iain-jember.ac.id 081336890790

BERKENALAN DENGAN LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN (LMDH) WANA JAYA NEGARA DI LERENG PEGUNUNGAN ARGOPURO

Home >Berita >BERKENALAN DENGAN LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN (LMDH) WANA JAYA NEGARA DI LERENG PEGUNUNGAN ARGOPURO
Diposting : Kamis, 08 Jun 2023, 16:13:07 | Dilihat : 132 kali
BERKENALAN DENGAN LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN (LMDH) WANA JAYA NEGARA DI LERENG PEGUNUNGAN ARGOPURO


Hari Jumat tanggal 12 Mei 2023 lalu, bertempat di LMDH Wana Jaya Negara yang berlokasi di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari, mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam UIN KHAS JEMBER melakukan kegiatan belajar dan sharing langsung dengan Bapak Sutrisno sebagai ketua LMDH Wana Jaya Negara.  Kunjungan mahasiswa ini bermaksud untuk belajar dan berkolaborasi untuk menjalankan progam perhutanan sosial yang diamanatkan oleh negara melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam terutama konsentrasi Studi Masyarakat Marginal (SMM) berkunjung  ke rumah Bapak Sutrisno selaku Ketua LMDH. Kedatangan mahasiswa PMI UIN KHAS disambut dengan ramah oleh Bapak Sutrisno. Sharing dilakukan dengan mengusung tema sekitar sejarah berdirinya LMDH, luas hutan, Program LMDH, pengelolaan LMDH, struktur kepengurusan LMDH, dan permasalahan yang pernah terjadi di LMDH Badean. " Program pengelolaan hutan kami itu mengadakan penyuluhan mengenai penanaman kopi dan lain-lain yang sekiranya tanaman itu bermanfaat bagi masyarakat sekitar" Ucap pak Sutrisno dalam penjelasannya. 
Setelah itu kami terjun ke LMDH Badean didampingi oleh Bapak Sutrisno sendiri dan menjelaskan apa yang ada di LMDH tersebut, bahwa LMDH di Badean tersebut selain menanam mahoni, ada juga menanam kopi di area pinggiran hutan tersebut. Kegiatan ini memiliki harapan bahwa mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam dapat dekat dengan masyarakat pinggiran hutan dan bisa banyak terlibat dalam pengembangan perhutanan sosial bersama masyarakat, desa pinggiran hutan dan pemerintah. Kharisma/PMI2020

Berita Terbaru

MAHASISWA PMI IKUT AKSI PENANAMAN 1000 POHON DI DESA SUCI
30 Dec 2023By oprpmi
WEBINAR: MENYIAPKAN PENGGERAK PEMBANGUNAN PEDESAAN YANG PROFESIONAL
30 Dec 2023By oprpmi
KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL
30 Dec 2023By oprpmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;