pmi@iain-jember.ac.id 081336890790

COMDEV CARE UIN KHAS JEMBER BERKOLABORASI DENGAN FORUM ANAK DESA (FAD) PRISMA PAKELING PUGER

Home >Berita >COMDEV CARE UIN KHAS JEMBER BERKOLABORASI DENGAN FORUM ANAK DESA (FAD) PRISMA PAKELING PUGER
Diposting : Sabtu, 24 Jun 2023, 21:19:11 | Dilihat : 339 kali
COMDEV CARE UIN KHAS JEMBER BERKOLABORASI DENGAN FORUM ANAK DESA (FAD) PRISMA PAKELING PUGER


Bertepatan pada hari minggu tanggal 11 Juni 2023 mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam melakukan kunjungan ke sebuah Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Desa Wringintelu merupakan desa yang mempunyai Forum Anak Desa (FAD) yang bernama Prisma Pakeling yang merupakan salah satu forum anak terbaik di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Forum Anak Desa (FAD) ini merupakan wadah partisipasi anak dalam pembangunan yang dibina oleh pemerintahan, dengan tujuan memenuhi kewajiban anak serta media kompetisi prestasi juga wadah pengembangan bakat. Pegembangan bakat atau pengembangan kemampuan melalui FAD adalah suatu bentuk wadah apresiasi kemampuan dan pengembangan di luar kegiatan sekolah sekaligus menjadi penghubung yang dekat dengan pemerintah.

FAD ini yang menaungi anak-anak berusia  mulai dari 9 sampai 17 tahun untuk mengembangkan potensi diri mereka agar menjadi generasi yang memiliki jiwa yang berkarakter, baik dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan spiritualitas yang di cita-citakan oleh bangsa. Di dalam forum tersebut anak-anak sangat antusias untuk mengikuti segala kegiatan yang di adakan oleh Bapak Sampir Joyo Supeno, S.Pd selaku ketua dari FAD Desa Wringintelu. Seperti meningkatkan minat bakat hobi anak yang tidak ada di sekolahnya layaknya dakon, enggrang, voli, serta belajar kreativitas seperti tari dan melukis. 

            Tujuan dari kunjungan tersebut oleh mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) ini untuk menciptakan rasa kepedulian masyarakat terhadap hak-hak anak. Hal ini juga sekaligus membuat kita sebagai Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam lebih peka terhadap permasalahan lingkungan kita diajarkan untuk membuka mata bahwa lingkungan membutuhkan kita untuk turut serta mensejahterakan masyarakat. Comdev Care juga dapat mengembangkan kemampuan untuk dapat belajar berkomunikasi, berkoordinasi menyampaikan pendapat dan lain. Networking/HMPSPMI

Berita Terbaru

MAHASISWA PMI IKUT AKSI PENANAMAN 1000 POHON DI DESA SUCI
30 Dec 2023By oprpmi
WEBINAR: MENYIAPKAN PENGGERAK PEMBANGUNAN PEDESAAN YANG PROFESIONAL
30 Dec 2023By oprpmi
KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL
30 Dec 2023By oprpmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;