pmi@iain-jember.ac.id 081336890790

KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL

Home >Berita >KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL
Diposting : Sabtu, 30 Dec 2023, 05:10:35 | Dilihat : 51 kali
KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL


JEMBER-Dalam rangka penguatan kapasitas Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Universitas Kiai Haji Achamd Shiddiq Jember, menggelar kuliah tamu pada tanggal 12 Desember 2023 yang dimulai pukul 13.00 WIB. Menghadirkan pemateri profesional dan ahli dibidang penyuluhan sosial yakni, Bapak Bastomy Ali Burhan, S.Km. Serangkaian kegiatan ini bertujuan dalam pendalaman praktek penyuluhan sosial mahasiswa PMI.

Bertempat di Gedung B acara dibuka oleh moderator ibu Annisa selaku dosen aktif PMI dan dilanjut pemaparan materi tentang penyuluhan sosial. Kuliah tamu pada kali ini tampak menyenangkan, sebab pemateri membuka dengan ice breaking yang cukup seru dan membuat mahasiswa PMI terlihat aktif saat proses pemaparan materi berlangsung. “Acaranya seru, kita bisa lebih tau banyak lagi tentang praktek penyuluhan sosial yang ada di Masyarakat, bagaimana rintangan dan pendekatannya, sebab kata bapak Bastomy Masyarakat itu unik dan beraneka ragam budayanya, jadi perlu ekstra hati-hati dan pendekatan setiap hari,” ucap Rodhiyatul Iftitah selaku mahasiswa PMI yang mnegikuti kuliah tamu.

Tidak hanya itu, Bapak Bastomy membagi pengalamannya dalam dunia kerja NGO (Non-Government Organization) yang cukup lama beliau tekuni. Beliau menjelaskan banyak sekali peluang kerja dan pengalaman mahasiswa PMI dalam dunia NGO sebagai pemberdaya Masyarakat. Lanjutnya, NGO merupakan lembaga, kelompok atau organisasi pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan terutama pada lapisan Masyarakat kelas bawah, namun tidak terikat dengan pemerintah. “Namun, terdapat plus-minus ketika kita terjun di dunia kerja NGO. Enaknya ketika kita berkerja di NGO, gaji kita bisa diatas rata-rata UMR, relasi yang luas hingga ke luar negri, proyek pemberdayaan yang bisa keliling Indoensia, dan waktu kerja yang fleksibel. Minusnya, tidak menentunya jam kerja bisa membuat hidup kita tidak teratur terkadang pulang sampai larut malam, proyek pemberdayaan yang sering kali lama untuk dikerjakan sehingga terlihat menganggur, dan kerja ekstra untuk target proyek terpenuhi,” jelas Bapak Bastomy diujung pemaparan meterinya.

Tanya-jawab berlangsung sangat antusias dan acara kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat kuliah tamu dan sesi foto bersama. Setelah itu dilanjut dengan doa bersama dengan harapan kuliah tamu kali ini membawa banyak manfaat dikemudia hari dan menjadi bekal sebagai mahasiswa pemberdayaan Masyarakat. (Sakdiyah-PMI2021)

Berita Terbaru

MAHASISWA PMI IKUT AKSI PENANAMAN 1000 POHON DI DESA SUCI
30 Dec 2023By oprpmi
WEBINAR: MENYIAPKAN PENGGERAK PEMBANGUNAN PEDESAAN YANG PROFESIONAL
30 Dec 2023By oprpmi
KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL
30 Dec 2023By oprpmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;