pmi@iain-jember.ac.id 081336890790

MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM MEMENANGKAN LOMBA MANUSIA PATUNG LUMPUR PADA AJANG EGRANG MINIFEST 2023

Home >Berita >MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM MEMENANGKAN LOMBA MANUSIA PATUNG LUMPUR PADA AJANG EGRANG MINIFEST 2023
Diposting : Senin, 25 Sep 2023, 15:02:08 | Dilihat : 112 kali
MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM MEMENANGKAN LOMBA MANUSIA PATUNG LUMPUR PADA AJANG EGRANG MINIFEST 2023


Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yang saat ini melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember memiliki kesempatan untuk menjadi delegasi perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember untuk mengikuti lomba manusia patung lumpur yang di adakan oleh Tanoker dengan tema Egrang Minifest 2023, bertempat di Pasar Lumpur Dusun Krajan, Sumber Lesung, Kec. Ledokombo, Kabupaten Jember. Pasar Lumpur adalah salah satu destinasi wisata dari tujuh destinasi wisata di kecamatan Ledokombo. Awalnya tempat ini merupakan tempat bermain anak-anak desa bersama kelompok belajar dan bermain tanoker yang di motori oleh Dr. Ir. Suporahardjo, MSi. dan Ciciek Farcha, M.Si. Kemudian seiring berjalannya waktu Pasar Lumpur bukan hanya menjadi tempat bermain bagi anak-anak tetapi juga menjadi tempat wisata keluarga. Karena tempatnya yang masih asri, kental dengan suasana pedesaan, sangat cocok untuk relaksasi. 

Kegiatan Pasar Lumpur kali ini dihadiri oleh Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Forum anak Jember, PKK Kab. Jember, Gus Ning Jember 2022, dua juri dari luar Negeri yaitu Eliot Gross asal Indiana Amerika dan Akon Grace Majok dari Sudan Selatan, DP3AKB, Camat & TP PKK Ledokombo, peserta lomba tari egrang, lomba tarung bantal lumpur, lomba bola lumpur, lomba manusia patung lumpur dan warga sekitar pasar lumpur.

Kegiatan lomba di pasar lumpur ini diadakan pada hari minggu, 17 September 2023. Pada tahun ini lomba yang diadakan bukan hanya tari egrang, tarung bantal lumpur dan bola lumpur saja. Tetapi juga di adakan lomba yang tidak kalah serunya yaitu lomba manusia patung lumpur.  Hadiah diberikan untuk juara 1,2 dan 3, juga harapan 1 dan 2. Hadiah yang diberikan berupa sertifikat dan uang tunai sebesar 500.000 untuk juara 1, 400.000 untuk juara 2, 300.000 untuk juara 3.

Ada lima kandidat yang mengikuti lomba manusia patung lumpur dan salah satunya adalah Mahasiswa Masyarakat Islam yang menjadi perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember. Tidak kalah kreatif dengan kandidat lainnya, Mahasiswa PMI ini mengangkat kostum dengan tema "Baju Adat Bali" memanfaatkan daun yang jatuh dari pohon di sekitar kolam lumpur untuk dijadikan bahan topi (udeng). Dengan memanfaatkan limbah daun tersebut Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam memenangkan juara 2 dalam lomba manusia patung lumpur.(Anggita/PMI2020)

Berita Terbaru

MAHASISWA PMI IKUT AKSI PENANAMAN 1000 POHON DI DESA SUCI
30 Dec 2023By oprpmi
WEBINAR: MENYIAPKAN PENGGERAK PEMBANGUNAN PEDESAAN YANG PROFESIONAL
30 Dec 2023By oprpmi
KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL
30 Dec 2023By oprpmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;