header-int

MAHASISWA PMI UIN KHAS MELAKUKAN PPL DI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PEDESAAN (LPTP)

Selasa, 22 Nov 2022, 05:40:19 WIB - 11 View
Share
MAHASISWA PMI UIN KHAS MELAKUKAN PPL DI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PEDESAAN (LPTP)

Surakarta (27/10/22),- Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang untuk mahasiswa fakultas dakwah Universitas Islam Negeri KH. Ahmad Siddiq (UIN KHAS) Jember sukses digelar. Terhitung sejak 1 September hingga 1 November 2022, proses pelaksanaan PPL terlaksana dengan baik. Lebih dari 100 instansi menjadi lokasi PPL yang dipilih oleh para mahasiswa fakultas dakwah yang terbentang dari Provinsi Nusa Tenggara Barat hingga Provinsi Jawa Tengah. Momen PPL selain menjadi ajang uji teori dan praktik di lapangan bagi mahasiswa, sekaligus menjadi kesempatan bagi pihak fakultas untuk menggaungkan produk akademisnya.

Salah satu kelompok PPL yang cukup menarik adalah para mahasiswa dari program studi Pengembangan Masyarakat Islam yang melaksanakan PPL di Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Surakarta. Terdapat lima orang mahasiswa yaitu Amirul Wahid RWZ, Moh. Rofik, Ika Khoirotun Nisa, Rofiqoh Fazriatul Hasanah, dan Aprilina Arifin. Alasan kelimanya memilih LPTP adalah berangkat dari saran salah satu dosen yaitu Bapak Muhibbin yang mengaku akrab dengan pimpinan LPTP saat ini yaitu Bapak Rahadi.

Suatu ketika saat perkuliahan berlangsung, Bapak Muhibbin memperkenalkan LPTP sebagai suatu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang memiliki integritas serta kualitas yang mumpuni di bidang pemberdayaan masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, Non Government Organization atau disingkat NGO ini telah menjadi rujukan nasional dalam konteks pemberdayaan masyarakat. Mendengar orientasi LPTP yang disampaikan Bapak Muhibbin tersebut, kelima mahasiswa di atas langsung tertarik untuk melaksanakan PPL di lembaga ini.

Setelah dua bulan berlalu, rangkaian proses pelaksanaan PPL akhirnya usai dilaksanakan. Para dosen fakultas dakwah melalui Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengamati proses studi PPL yang dilaksanakan oleh kelima mahasiswa tersebut. Hasilnya, mereka meyakini bahwa LPTP Surakarta merupakan sebuah lembaga yang memiliki kompetensi dan pengalaman yang matang terutama dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan keyakinan tersebut, mereka sepakat untuk menginisiasi sebuah Memorandum of Understanding atau MoU dengan LPTP Surakarta agar dapat mewadahi dan memperluas cakupan kegiatan akademis antar kedua belah pihak.

Tepatnya pada 27 September 2022 lalu, rombongan dosen fakultas dakwah melaksanakan MoU dengan bertandang ke kantor LPTP yang berlokasi di Jalan Raya Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Acara MoU ini dihadiri oleh jajaran pengurus LPTP dari yang masih menjabat hingga yang telah purna tugas. Pasalnya selain menjadi acara formal dua lembaga, MoU ini merupakan ajang silaturahmi antara pihak dosen fakultas dakwah dengan para pimpinan LPTP yang notabene merupakan kawan lama. Sebelum pelaksanaan MoU, para mahasiswa juga sekaligus mempresentasikan hasil pelaksanaan PPL mereka selama 2 bulan belakangan. Terakhir, mereka juga diberikan oleh-oleh berupa sertifikat tanda studi oleh LPTP untuk masing-masing individu. (AWRWZ/PMI19)   

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube