header-int

MAHASISWA S1 PMI UIN KHAS JEMBER MELAKUKAN PPL DI INDONESIA DAN THAILAND

Kamis, 02 Des 2021, 14:40:50 WIB - 239 View
Share
MAHASISWA S1 PMI UIN KHAS JEMBER MELAKUKAN PPL DI INDONESIA DAN THAILAND

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Dakwah tahun akademik 2021/2022 tetap dilaksanakan meskipun di tengah suasana pandemi. Tentunya penerapan protokol kesehatan tetap dijalankan untuk menjaga kesehatan dan membatasi penyebaran virus covid-19. PPL yang dilaksanakan mulai tanggal 4 Oktober hingga tanggal 19 November 2021 ini diikuti oleh mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD), Psikologi Islam (PI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). PPL tahun ini dilakukan secara spesial, karena mahasiswa bebas memilih sendiri instansi yang akan dituju, disesuaikan jarak dan kedekatan dengan rumah masing-masing. Hal itupun juga dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Angkatan 2018.


Mahasiswa PPL Prodi Pengembangan Masyarakat Islam memilih lokasi di 10 lembaga/instansi yaitu di (1) Dinas Sosial Probolinggo, (2) Perhutani-Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jember, (3) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Jember, (4) Kantor Urusan Agama (KUA) Kalisat-Jember, (5) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kab. Lumajang, (6) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Mojokerto, (7) Dinas Sosial Kab. Sidoarjo, (8) Dinas Sosial Kab. Probolinggo, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember, (9) Kantor Urusan Agama (KUA) Oku Timur-Sumatera Selatan, dan (10) Majelis Agama Islam Pattani-Thailand. PPL mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam ini mengalami peningkatan jumlah lokasi pemilihan instansi/lembaga. Tahun sebelumnya, lokasi PPL mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam ada di lima lembaga saja. Pihak lembaga seperti Perhutani KPH Jember menyambut baik dan positif terhadap program mahasiswa PPL di area mereka. Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam yang PPL di perhutani diajak ke hutan untuk mengelola program Perhutanan Sosial (PS) yang digalakkan pemerintah. Harapannya antara perhutani dan masyarakat kini bisa bermitra untuk sama-sama mengembangkan, menjaga dan melestarikan hutan.

 

Mahasiswa yang PPL di BAZNAS Jember sangat mendapatkan pengalaman menarik untuk memberdayakan dan melakukan penyuluhan masyarakat. Mahasiswa juga ikut serta dalam pameran dan membuka stand bazar yang juga turut dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Mahasiswa yang PPL di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Jember dan Mojokerto juga melakukan aksi penyuluhan pentingnya Keluarga Berencana (KB) bagi masyarakat. Mahasiswa yang PPL di Dinas Sosial di beberapa lokasi juga dilibatkan aktif dalam kegiatan administrasi dinas sosial dan aksi sosial di lapangan. Beberapa mahasiswa juga memilih lokasi PPL di Kantor Urusan Agama (KUA), mereka dilibatkan dalam penyuluhan di luar lapangan. Mahasiswa juga melakukan gebrakan pelayanan inovatif di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lumajang, dengan membuat pendaftaran tamu secara online menggunakan QR-Code dalam hal manajemen urusan administrasi saat musim pemilihan kepala desa secara serentak. Sedangakan mahasiswa yang PPL ke Thailand memilih lokasi di Majelis Agama Pattani, Thailand. Thailand Selatan memang mayoritas warganya beragama Islam, namun agama Islam merupakan agama minoritas di negara yang mayoritas beragama Budha itu. Muhibbah Da Oh (mahasiswa PMI angkatan 2018) memang berasal dari Pattani, Thailand. Sehingga ketika dia PPL di negaranya sendiri, diharapkan dapat mengembangkan dan mempraktikkan misi pemberdayaan masyarakat melalui Majelis Agama Pattani, Thailand. Proses pelaksanaan PPL sudah terlaksana secara baik, mahasiswa akan melanjutkan proses pelaksanaan ujian PPL secara hybrid hingga tanggal 3 Desember 2021. Kedepan, semoga PPL mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam semakin berkiprah dan dapat mengaplikasikan teori di masyarakat secara langsung dan berkesinambungan. (Admin PMI)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube