header-int

PENGALAMAN BERHARGA MAHASISWA PMI MELAKUKAN PPL DI BUMDESA SIDOMULYO

Selasa, 22 Nov 2022, 05:57:30 WIB - 16 View
Share
PENGALAMAN BERHARGA MAHASISWA PMI MELAKUKAN PPL DI BUMDESA SIDOMULYO

Kamis, 1 September 2022. Merupakan hari pertama dimana para mahasiswa Fakultas Dakwah UIN KHAS melaksanakan PPL di Instansi yang telah ditentukan, begitu pula kami mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam yang berjumlah 6 orang yang mendapat tugas melaksanakan PPL di Desa Sidomulyo tepatnya di BUMDesa Sidomulyo. Adapun anggotanya ialah Ahmad Farichin Zuber, Ahmad Tedy Hariyanto, Khoirotusaniyah, Nila Rohmatul Ula, Esti Yulia Wahyuningtyas, dan Syela Faizah. Kami semua mulai aktif melaksanakan kegiatan PPL pada Senin, 5 September 2022. Bumdesa sendiri saat ini dipimpin oleh Bpk Sudarmaji yang merangkap juga sebagai dosen pamong mahasiswa PPL.

Jam kerja dari Bumdesa sendiri mengikuti jam kerja yang ada di kantor desa, yaitu jam 08.00 sampai jam 15.00, dari hari senin sampai Jumat. Adapun kegiatan kami selama di Bumdesa Sidomulyo dibagi menjadi tiga bagian. Yang pertama, mahasiswa ditempatkan di Cafe Saelo yang mana ini adalah bidang usaha dari Bumdesa sendiri, tugasnya antara lain membantu pembukaan keuangan cafe melalui Microsoft Excel, dan membantu kegiatan yang berkaitan dengan cafe(Barista). Yang Kedua, mahasiswa ditempatkan di Klinik Pertanian dan Peternakan, disini tugas kami membantu pendataan terkait keluhan dari para petani, jadi disini kami turut membantu mengatasi masalah yang terjadi dengan observasi dan memberikan solusi. Yang Ketiga, mahasiswa ditempatkan di unit Bumdesa lainnya yaitu mini bank, disini tugas kami ialah membantu pendataan keuangan juga. Selain itu juga kami tidak hanya menyibukkan diri hanya terbatas di dalam kantor saja, tetapi kami juga melakukan kegiatan dilapangan seperti pendataan UMKM, melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pemberdayaan serta melakukan pemetaan yang ini akan kami gunakan sebagai proyek kami dan oleh-oleh bagi Desa Sidomulyo.

Selain dari kegiatan tersebut, para mahasiswa PPL juga turut diikutsertakan dalam kepanitiaan dalam rangka event hajatan Desa Sidomulyo pada HUT yang Ke-28. Adapun rangkaian kegiatan ini diadakan setiap minggu selama 1 bulan, kegiatannya teridiri dari STV (Sidomulyo Tourism Village) atau acara ini disebut event Fashionnya Sidomulyo, selanjutnya ada Sidomulyo Adventure Trail, Karnval Budaya Nusantara, Kontes Domba, Sidomulyo Mountain Bike, dan yang terakhir Konser Malam Puncak Hajatan Desa.

Kegiatan PPL sendiri ini dilaksanakan selama 2 bulan lamanya. Untuk kegiatan penarikan PPL oleh pihak kampus dilaksanakan pada selasa, 1 Oktober 2022. Selain kegiatan penarikan dari kampus, kami juga para mahasiswa mengadakan acara perpisahan dari desa Sidomulyo. Acara ini turut diramaikan oleh Mas Kades dan juga Istri, para staff kantor desa, dan juga para anggota Bumdesa, serta tak lupa pula Bpk Nasobi Niki Suma, M.Sc.. Didalam acara tersebut Mas Kades menyampaikan bahwa "saya puas dan juga berterima kasih dengan kinerja para mahasiswa PPL kali ini, mereka sangat membantu dalam kemajuan desa Sidomulyo ini. Kalau bisa senin suruh kampus kirim lagi mahasiswa ke sini" Ucapnya dengan raut wajahnya yang senang.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube