header-int

PERKENALKAN PRODI S1 PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM, HMPS PMI USUNG PROGRAM COMDEV GOES TO SCHOOL

Sabtu, 20 Nov 2021, 04:04:59 WIB - 193 View
Share
PERKENALKAN PRODI S1 PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM, HMPS PMI USUNG PROGRAM COMDEV GOES TO SCHOOL

Semester ganjil hampir berakhir, calon mahasiswa baru harus segera memulai persiapannya. Persiapan apapun baik berupa persiapan mental dan skill akademis, relasi, dan tentunya pandangan bakal kampus. Persiapan ini wajib dilakukan dengan matang agar dapat menggapai kampus impian yang sesuai dengan bakat dan minat pribadi. Mengambil momentum ini, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (HMPS PMI) mengadakan kegiatan sosialisasi kampus dan jurusan dalam acara bertajuk “Comdev Goes To School”.

Beberapa representasi HMPS terutama di bidang Sumber Daya Mahasiswa (SDM) pada Kamis 11 November 2021 bertolak ke kota sebelah yakni Kabupaten Bondowoso. Bondowoso menjadi objek sasaran sosialisasi melihat tingginya persentase minat mahasiswa asal kota kembang ini di tahun-tahun sebelumnya. Comdev Goes To School adalah suatu inisiatif program kerja yang baru kali ini dilaksanakan oleh HMPS. Kunjungan ini berlangsung di dua sekolah yang berbeda yakni di MA Nurul Islam Desa Petung, Kecamatan Pakem dan MA Zainul Bahar yang berlokasi di Desa Wringin Kecamatan Wringin. Target yang dituju, jelasnya yakni siswa-siswi kelas akhir di masing-masing sekolah. Madrasah Aliyah menjadi pilihan sebab orientasi sekolah selaras dengan Universitas Islam KH. Ahmad Shiddiq yang notabene adalah kampus Islam.

Sebelum memulai sesi sosialisasi, kami pertama kali menemui kepala sekolah masing-masing sekolah untuk beramah tamah dan meminta izin terlebih dahulu. Para kepala sekolah dan dewan guru menyambut baik kedatangan kami. Mereka mengaku, kedatangan kami ini merupakan suatu hal yang penting. Salah satu guru menerangkan “Kami merasa terbantu dengan kedatangan kalian. Dengan hadirnya kalian di sini, pembekalan terhadap mahasiswa tingkat akhir menjadi lebih terarah. Mereka butuh wawasan lebih lanjut terkait perguruan tinggi terutama kampus Islam seperti STAIN (maksudya UIN Khas Jember).” Ungkap Zainal Arifin, salah seorang tenaga pengajar di MA Nurul Islam.

Kegiatan sosialisasi di kedua sekolah sama-sama diselenggarakan di aula sekolah masing-masing. Perwakilan yang hadir telah dibagi menjadi beberapa tim, di antaranya sebagai pembicara, asisten pembicara, dokumenter, dll. Beberapa hal yang disampaikan ketika pematerian adalah seputar kampus dan jurusan yang tentunya jurusan PMI. Lebih spesifiknya, materi-materi yang disampaikan adalah antara lain jalur masuk kampus, visi-misi kampus, visi-misi jurusan/prodi, kegiatan jurusan, dan beasiswa kampus. Siswa dan siswi juga sangat antusias menyaksikan pemarapan materi. Pasalnya, mereka juga kepo dengan informasi kampus. Antusiasme mereka terlihat dari banyaknya murid yang bertanya. Untuk menghargai semangat mereka, HMPS PMI telah menyediakan merchandise menarik yang dapat mereka miliki sebagai hadiah jika bertanya. (Networking 2019, AWRWZ)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube