pmi@iain-jember.ac.id 081336890790

SABET JUARA 1, TIM DEBAT PMI CATAT SEJARAH BARU

Home >Berita >SABET JUARA 1, TIM DEBAT PMI CATAT SEJARAH BARU
Diposting : Selasa, 09 Nov 2021, 21:55:34 | Dilihat : 325 kali
SABET JUARA 1, TIM DEBAT PMI CATAT SEJARAH BARU


Gelaran perlombaan Inaugurasi UIN KH. Ahmad Shiddiq Jember resmi ditutup pada 07 November 2021. Acara tahunan Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) ini merupakan rangkaian ajang kompetisi yang diikuti oleh seluruh mahasiswa se-UIN KH. Ahmad Shiddiq Jember. Terdapat beberapa cabang perlombaan yang dapat diikuti sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa. Di antaranya adalah lomba futsal, Karya Tulis Ilmiah (KTI), lomba fashion, dan lain-lain. Masing-masing program studi (prodi) mendelegasikan beberapa mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam setiap perlombaan yang ada. Pendelegasian ini wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan agar turut serta memeriahkan persaingan antar masing-masing mahasiswa.

Berkenaan dengan perlombaan tersebut, salah satu tim delegasi Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) berhasil menjuarai salah satu cabang perlombaan yakni di lomba debat ilmiah. Mereka adalah Yobi Nonayoi Aziza, Abduallah Imas al-Hamdi, dan Robert Fahimi yang ketiganya adalah utusan dari kelas PMI 2. Ketiganya mengaku senang dan sangat antusias mengikuti perlombaan di cabang debat ilmiah ini. Pasalnya, jalannya debat berlangsung seru sejak permulaan lomba serta persaingan antar tim yang cukup membuat emosi. Sebenarnya terdapat dua tim yang didelegasikan oleh Prodi PMI, sayangnya tim pertama harus mengakui keunggulan delegasi Prodi IPS di babak penyisihan.

Terdapat tiga babak dalam cabang lomba debat ini, yakni babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Ketiganya dilaksanakan pada tanggal 04-06 November 2021. Dalam ketentuan lomba debat, setiap jurusan wajib mendelegasikan dua tim. Pada suatu pertandingan, terdapat dua tim yang bertanding dan keduanya dibagi menjadi tim pro dan tim kontra. Sejak awal babak perlombaan, penampilan delegasi PMI yang menjadi juara ini memang terbilang apik. Meskipun berganti-ganti posisi (pro dan kontra) pada setiap pertandingan, mereka selalu konsisten memberikan performa terbaiknya dengan mematahkan argumentasi lawan.

Menurut mereka, lawan terberat yang mereka hadapi adalah tim dari delegasi Prodi IPS. Tim PMI 2 bertemu dengan tim IPS di final. Perlombaan yang dilaksanakan di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) lantai dua ini berlangsung dengan sengit. Mengusung topik “Perkembangan Teknologi Modern Membuat Keringnya Literasi Mahasiswa” kedua tim saling sanggah argumen masing-masing. Tim PMI 2 ini menjadi harapan terakhir yang dapat diandalkan untuk melawan tim IPS sebab tim pertama telah dikalahkan oleh pesaing yang sama pada permulaan lomba. Syukurnya, mereka sukses menjegal tim IPS di final.

Kemenangan tim debat PMI ini sekaligus mencatatkan sejarah baru bagi Prodi PMI. Banyak sekali apresiasi dari dosen maupun senior kepada tim debat tersebut. Wajar saja, debat merupakan salah satu cabang lomba yang cukup prestis. “Saya merasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh kelas PMI dalam lomba debat inagurasi 2021. Walaupun dalam keadaan dan situasi yang sulit, mereka bisa memberikan yang terbaik untuk PMI. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi” pungkas Rofiqoh, Ketua Umum HMPS PMI 2020-2021. (Networking 2019, AWRWZ)

Berita Terbaru

MAHASISWA PMI IKUT AKSI PENANAMAN 1000 POHON DI DESA SUCI
30 Dec 2023By oprpmi
WEBINAR: MENYIAPKAN PENGGERAK PEMBANGUNAN PEDESAAN YANG PROFESIONAL
30 Dec 2023By oprpmi
KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL
30 Dec 2023By oprpmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;