pmi@iain-jember.ac.id 081336890790

SAMBUT MAHASISWA BARU, HMPS PMI LUNCURKAN EVENT PRODI DAY

Home >Berita >SAMBUT MAHASISWA BARU, HMPS PMI LUNCURKAN EVENT PRODI DAY
Diposting : Selasa, 28 Sep 2021, 10:04:21 | Dilihat : 373 kali
SAMBUT MAHASISWA BARU, HMPS PMI LUNCURKAN EVENT PRODI DAY


 

Sabtu, 25-09-2021; Dalam rangka memperkenalkan jurusan kepada mahasiswa baru, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (HMPS PMI) kembali selenggarakan program baru. Mengusung semangat baru, HMPS PMI mendesain ulang program orientasi jurusan untuk mahasiswa baru ini dengan nama Prodi Day. Bertemakan “Memberdayakan Pemuda Untuk Mengabdi Pada Negara”, acara kali ini sukses dilaksanakan di Balai Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari, selama dua hari satu malam. 
Rangakaian acara dimulai pada Hari Sabtu pukul 9 pagi di aula Desa Badean yakni opening ceremony. Selanjutnya berturut-turut materi pertama hingga ketiga yang berakhir pada pukul 5 sore. Jam 7-9 malam dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Usai FGD, peserta diistirahatkan untuk persiapan Jurit Malam dan Api Unggun yang akan dimulai pada tengah malam. Esok harinya pada pukul 7 pagi, peserta memulai hari dengan senam pagi dan sarapan. Dilanjutkan dengan sesi Outbond sebagai acara pamungkas. Setelah mandi dan meringkas barang bawaan, peserta dipulangkan menggunakan truck  yang telah disewa. 
Ospek Jurusan (Osjur) yang dikemas dalam acara Prodi Day ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan penyambutan Mahasiswa Baru Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam. Setelah sebelumnya diadakan meet and greet yang diadakan secara virtual, kini HMPS berupaya mengumpulkan seluruh mahasiswa baru dan angkatan-angkatan sebelumnya dalam pertemuan secara langsung. Selain untuk menjaga silaturahmi, konsep kegiatan ini juga direncanakan sebagai ajang refreshing dan terjun ke masyarakat secara langsung. Tidak bisa dipungkiri, pengalaman secara langsung jauh lebih efektif ketimbang hanya lewat online. 
Tujuan awal pelaksanaan kegiatan ini adalah memperkenalkan jurusan secara dasar kepada mahasiswa baru tentang pemahaman jurusan secara garis besar, metode pembelajaran yang berlaku, dan prospek kerja jurusan ini kedepannya. Selain dimaksudkan untuk wadah pembekalan informasi terkait jurusan, kegiatan ini sekaligus berupaya meyakinkan para mahasiswa baru bahwa pilihan mereka menempuh jurusan ini adalah suatu keputusan yang brilian. Hal ini dikarenakan Prodi PMI masih jarang dikenal khalayak ramai dan beberapa oknum bersikap diskriminatif terhadap prodi ini. Oleh karena itu, penting untuk membuka wawasan berpikir para mahasiswa baru agar memiliki arah dan tujuan yang tepat dalam perjalanan studi mereka beberapa tahun ke depan.
Sebab misi besar di atas, HMPS PMI tidak main-main dalam menentukan pemateri yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pembicara dipilih dari beberapa dosen ternama di prodi PMI. Mereka adalah H. Zainul Fanani M.Ag. (Ketua Program Studi PMI), Nasobi Nikisuma M.Sc., Achmad Fathor Rosyid, M.Si., yang ketiganya juga bergelut di bidang ke-PMI-an di masyarakat. Masing-masing secara berurutan memberikan pematerian terkait Program Studi PMI secara mendasar, prospek kerja alumni PMI, dan metode pembelajaran yang diterapkan dalam perkuliahan. Di samping itu, terdapat beberapa perwakilan dari Dewan Mahasiswa Fakultas (Dema-F) yang juga berbagi pengetahuan terkait kemahasiswaan kepada mahasiswa baru.
Syukurnya, program baru ini mendapat respon positif dari banyak pihak. Mayoritas mereka mengapresiasi kegiatan ini dan menginginkan kepengurusan HMPS selanjutnya melanjutkan program yang sama. Salah satu komentar datang dari Ketua Umum HMPS PMI 2020, Rofiqoh Fazriatul Hasanah. “Harapan saya setelah diselenggarakan acara Prodi Day kemarin, teman-teman dari angkatan 21 dapat belajar dan memahami tentang apa makna dari prodi PMI itu sendiri dan HMPS selanjutnya dapat menjalankan kegiatan serupa.” Tandasnya dalam suatu wawancara. (Networking 2019, AWRWZ)

Berita Terbaru

MAHASISWA PMI IKUT AKSI PENANAMAN 1000 POHON DI DESA SUCI
30 Dec 2023By oprpmi
WEBINAR: MENYIAPKAN PENGGERAK PEMBANGUNAN PEDESAAN YANG PROFESIONAL
30 Dec 2023By oprpmi
KULIAH TAMU: PENGUATAN KAPASISTAS MAHASISWA PMI DALAM PROSES PENYULUHAN SOSIAL
30 Dec 2023By oprpmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;