header-int

ENAM MAHASISWA WAKILI PRODI PMI BELAJAR COMMUNITY BASED TOURISM DI DESA SIDOMULYO

Kamis, 21 Jul 2022, 12:20:39 WIB - 27 View
Share
ENAM MAHASISWA WAKILI PRODI PMI BELAJAR COMMUNITY BASED TOURISM DI DESA SIDOMULYO

PMI UIN KHAS Jember- Sedikitnya 60 Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember yang terbagi dalam 20 Tim Penelitian melakukan presentasi dalam seminar proposal penelitian yang digelar oleh Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, di Desa Sidomulyo Kec. Silo Kabupaten Jember  Jum’at (15/07/2022).

Seminar proposal ini merupakan rangkaian tahap kegiatan yang harus dilakukan oleh calon peserta Riset Kolektif Mahasiswa (RKM). Sebab, presentasi dalam seminar proposal penelitian ini menentukan layak atau tidak layak bagi mahasiswa menjadi peserta RKM pada tahap ini.

Sementara kegiatan seminar proposal ini dilaksanakan selama satu hari, Teknisnya semua peserta mempresentasikan proposal penelitian dihadapan riviewer yang telah ditunjuk oleh Panitia RKM, masing-masing reviewer terdari dari dosen pendamping tiap prodi maisng-masing. Reviewer dari Prodi PMI yaitu Bapak Ach. Faesol, M.Si dan Febrina Rizky Agustina, M.Pd.

Diketahui, Riset Kolektif Mahasiswa (RKM) adalah salah satu program penelitian ditingkat mahasiswa yang difasilitasi oleh Fakultas Dakwah. Program RKM ini bermaksud Meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan mahasiswa di bidang penelitian, agar memiliki kemampuan meneliti yang memadai untuk menghasilkan penelitian yang bermutu dan berkualitas.

Dekan Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Ahidul Asror, M.Ag pada kesempatan pembukaan di Balai Desa Sidomulyo mempertegas bahwa Riset Kolektif Mahasiswa ini sesungguhnya dalam rangka memberikan ruang dan akses mahasiswa untuk melatih skill dan kemampuan meneliti sesuai kompetensi keilmuan yang dimiliki agar termotivasi menghasilkan karya penelitian yang bermutu dan berkualitas, yang manfaatnya secara praksis dapat dirasakan masyarakat.

Disisi lain Kamiludin (Mas Kades) selaku kepala Desa Sidomulyo, sangat mengapresiasi dengan adanya riset kolektif antara mahasiswa dan dosen. Tentunya ini akan menjadi awal silaturahmi antara desa Sidomulyo dengan kampus UIN KHAS Jember. Hasil penelitian mahasiswa mudah-mudahan memberikan manfaat bagi masyarakat dan perangkat Desa sebagai evaluasi demi majunya desa ini.

Selain itu, Riset ini juga dalam rangka menyiapkan dan mengasah kemampuan meneliti mahasiswa agar memiliki kualifikasi dan kompetensi memadai untuk dilibatkan oleh para dosen, peneliti, maupun fungsional lainnya dalam program penelitian, khusunya di Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember.

Hal serupa juga disampaikan oleh Wakil Dekan III Fakultas Dakwah, Dr. Minan Jauhari, M.Si. Menurutnya Dengan mengikuti kegiatan Riset Kolektif Mahasiswa (RKM) ini, mahasiswa akan memperoleh banyak manfaatnya, diantaranya memperoleh kesempatan dan akses meningkatkan dan mengasah kemampuan meneliti untuk dijadikan modal menghasilkan karya penelitian yang bermutu dan berkualitas, serta memiliki relevansi dengan penyelesaian problem keilmuan (Islam), kemanusiaan, dan kemasyarakatan secara empirik.

Pada kesempatan ini, prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah, mendelegasikan dua tim riset lapangan, anggota dari dua tim tersebut diantaranya Silviatul Maghfiroh (NIM 205103020007), Hilmi Nor Hofifah (NIM 205103020013), Faiqotuz Zahro (NIM 205103020017), Amirul Wahid RWZ (D20192029), Aprillina Arifin (D20192040), Ahmad Farichin Zuber (D20192037). Tema yang diusung oleh dua tim prodi PMI yaitu “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Sidomulyo”. Penelitian ini diangkat karena Desa Sidomulyo sedang mengembangkan brand Desa Wisata untuk mengangkat kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar. Riset lapangan ini mendapatkan masukan dari dua fasilitator yaitu bapak Muhibbin, M.Si. dan bapak Dr. Fawaizul Umam, M.Ag. mengenai novelty dan dan mempertajam analisis penelitian. 

Selain itu melalui kegiatan penelitian kolaboratif ini, mahasiswa juga memiliki competitive advantage untuk dapat berkiprah secara kompetitif dalam merespon tawaran-tawaran penelitian tingkat regional, nasional, dan bahkan internasional, khusunya kualifakasi terlibat dalam setiap kegiatan penelitian dosen.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube