header-int

REFORMASI TATA KELOLA SUMBER DAYA ALAM UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT MANDIRI DAN BERDAYA SAING

Sabtu, 16 Nov 2019, 07:45:58 WIB - 305 View
Share
REFORMASI TATA KELOLA SUMBER DAYA ALAM UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT MANDIRI DAN BERDAYA SAING

Indonesia merupakan negara yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, baik SDA hayati dan juga non hayati. Ekosistem perairan dan daratan menjadi salah satu faktor Indonesia mendapat julukan negara kaya, yaitu kaya akan sumber dayaalamnya. Namun ironisnya, kekayaan SDA tersebut tidak diimbangi dengan sistem tata kelola yang baik. Tata kelola SDA di Indonesia sudah menjadi sumber masalah yang tak kunjung usai. Pengelolaan SDA dan lingkungan hidup yang kurang bijak menyebabkan problematika yang kompleks terhadap kehidupan masyarakat, baik dari sektor sosial ekonomi dan juga kesehatan.

Problematika tersebut dikarenakan adanya pertambangan yang mengeksploitasi lingkungan hidup dan SDA secara terus menerus. Selain itu, faktor lain juga disebabkan oleh limbah industri yang dihasilkan oleh pabrik dari tahun ke tahun juga semakin meningkat. Hal tersebut juga mengakibatkan ketidakseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan kelestarian SDA sehingga perlu adanya reformasi tata kelola dalam mengatasi problematika lingkungan hidup dan SDA yang terjadi di Indonesia. Permasalahan inilah yang menggerakkan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAIN Jember mengadakan  Workshop Lingkungan Hidup. Workshop ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Jember dan Tokoh Masyarakat wilayah kampus. Workshop Lingkungan Hidup ini bertema “Reformasi Tata Kelola Sumber Daya Alam Untuk Mewujudkan Masyarakat Mandiri Dan Berdaya Saing” diadakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 16 Desember – 17 Desember 2018. Tujuan Workhsop ini yaitu: Menumbuhkan rasa solidaritas dan loyalitas antar mahasiswa PMI IAIN Jember, mewujudkan masyarakat kampus yang sadar akan sampah, menumbuhkan sikap peduli lingkungan, memberikan pengetahuan terkait pengelolaan dan pemanfaatan sampah di sekitar, merealisasikan konsep 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Replant), dan melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijak.

Acara Workshop dihadiri oleh mahasiswa PMI IAIN Jember semua angkatan dan tokoh masyarakat Dusun Durbugan dan Karangmulwo dan 2 pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Semoga dengan diadakannya acara ini mahasiswa PMI yang nantinya akan menjadi pekerja sosial untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar serta nantinya dapat mengelola dan memanfaatkan sampah yang dapat berguna bagi masyarakat sekitar. (Arini/PMI2016/Edit by Obi)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube